pengertian pemimpin

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan, Tugas dan Perbedaannya

32 views

Dalam setiap organisasi atau kehidupan kita sudah sering mendengar kata pemimpin atau dalam bahasa Inggrisnya sebagai leader.

Biasanya seorang pemimpin adalah orang yang dipercaya untuk mengatur jalannya suatu pekerjaan atau sebagai ketua dari bidan, divisi atau puncak tertinggi sebuah organisasi atau usaha.

Seorang pemimpin harus mempunyai jiwa kepemimpinan dan dapat mengayomi bawahannya. Lalu apa tugas dan jiwa yang harus dimiliki seorang pemimpin? Berikut ini pembahasannya secara lengkap.

Pengertian Pemimpin

Pemimpin yaitu orang yang mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi orang lain untuk memberikan arahan atau memberikan koordinasi dalam pencapaian di suatu organisasi.

Seorang pemimpin memiliki kekuasaan dalam mempengaruhi orang lain sebab sifat dan sikapnya, mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang banyak, cerdas dalam berkomunikasi di hubungan interpersonal.

Seorang pemimpin merupakan orang yang mempunyai kecakapan lebih yang menjadikan dia memiliki kekuasaan, kewibawaan dalam memberikan arahan atau bimbingan terhadap bawahannya untuk memperoleh pengakuan dan dukungan dari bawahan pada pencapaian tujuan tertentu.

Sehingga pemimpin juga disebut sebagai pribadi yang mempunyai kelebihan dalam kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya.

Pengertian pemimpin dalam Islam mengarah kepada istilah Umara atau ulil amri yang artinya adalah pemimpin negara (pemerintahan), dan juga Amirul ummah yang artinya pemimpin ummat.

Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

Beberapa ahli juga menyatakan definisi dari pemimpin, antara lain:

Kartini Kartono (2003:27)

Pemimpin adlaah seorang anggota kelompok yang paling berpengaruh terhadap aktivitas kelompoknya dan yang memainkan peranan penting dalam merumuskan ataupun mencapai tujuan-tujuan kelompok. Seorang pemimpin merupakan penyalur bagi pikiran, tindakan dan kegiatan yang bersifat mempengaruhi dan melaksanakan pekerjaan-pekerjaan. Hal ini berarti bahawa pemimpin selalu meliputi sejumlah besar masalah kekuasaan.

Fiedler (dalam Setiawati 2000:7)

Pemimpin adalah sebagai seorang yang bertugas mengarahkan dan mengkoordinasi aktivitas-aktivitas yang ada dalam tugas-tugas kelompok. Seorang pemimpin ialah seseorang yang karena kecapakan pribadinya dengan atau tanpa pengangkatan resmi dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya untuk mengarahkan usaha seorang pemimpin dapat mempengaruhi kelompok yang dipimpinnya untuk mengarahkan usaha kerjaasama kearah pencapaian sasaran tertentu.

Pengertian Kepemimpinan

pengertian kepemimpinan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kepemimpinan bersumber dari akta “pimpin” yang diberi awalan “me” menjadi “memimpin” yang artinya memberi jalan dan membimbing.

Maksudnya adalah memimpin merupakan suatu aktivitas, dan yang menjalankan adalah “pemimpin”. Sedangkan kepemimpinan diartikan sebagai menunjuknan kepada semua hal dalam memimpin yang termasuk juga aktivitas itu sendiri.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

#1 Achmad Sanusi (2009:19)

Kepemimpinan adalah keseluruha tindahan guna mempengaruhi serta menggiatkan orang dalam usaha bersama untuk tujuan, atau dengan definisi yang lebih lengkap dapat dikatakan bahwa kepemimpinan adalah proses memberikan jalan yang mudah dari pada pekerjaan orang lain yang terorganisir dalam organisasi formal guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

#2 W.J.S Poerwadarminta (1984:754)

Kepemimpin secara etimologi berasal dari kata pemimpin yang bermakna menuntun, menunjukkan jalan, mengantarkan.

#3 Wahyusumidjo (1994:18-19)

Kepemimpinan adalah proses dalam  mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya mencapai tujuan di dalam suatu situasi tertentu.

#4 Kartini Kartono (2003:5-8)

Kepemimpinan adalah masalah relasi dan pengaruh antara pemimpin dengan yang dipimpin. Kepemimpinan timbul dan berkembang sebagai hasil dari interaksi otomatis antara pemimpin dengan orang yang dipimpinnya.

#5 Ordway Tead (dalam Kartini Kartono 2003:49)

Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka bekerjasama dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

#6 Sudarwan Danin (2004:24)

Kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasikan dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung di dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

#7 Malayu S.P. Hasibuan (2003:170)

Kepemimpinan adalah cara seorang memimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerjasama secara produktif untuk mencapai tujuan organisasi.

#8 Ambar Teguh Sulistiyani (2008:21)

Kepemimpinan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil dalam melakukan inisiasi kepada kelompok perlu didukung oleh kemampuan pemimpin.

Tugas Pemimpin

Seorang pemimpin dalam organisasi atau instasi, atau usaha mempunyai tugas yang sangat banyak. Tugas ini sesuai dengan visi dan misi serta tujuan dari perusahaan atau tim.

Berikut ini adalah point utama tugas seorang pemimpin.

Problem Solving

Dalam sebuah organisasi, usaha atau kelompok tentu saja tidak terhindar dari yang namanya masalah. Untuk itu seorang pemimpin merupakan orang yang bisa menyelesaikan maslaah dengan segala informasi, data dan kecerdasan yang ia miliki.

Pemimpin yang bijaksana akan menyelesaikan masalah harus bersumber dari data dan informasi. Selain itu harus siap menjadi problem solving yang berasal dari luar karena konflik bisa saja terjadi dari internal organisasi tetapi juga bisa dari eksternal organisasi.

Memberikan Sugesti

Sebuah sugesti atau rangsangan merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin, hal ini karena dalam organisasi ada saja individu yang tidak sejalan dengan visi dan misi organisasi.

Banyak kita temukan fakta dilapangan anggota organisasi dengan atau tidak disadari sudah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan visi, misi dan tujuan organisasi tempatnya bekerja.

Dan ini merupakan tugas seorang pemimpin untuk memberikan rangsangan atau sugesti kepada anggotanya supaya tetap menjaga kehormatan organisasi, kekompakan dan bekerja sesuai dengan jalu yang telah ditentukan.

Memberikan Dukungan

Dukungan atau support juga harus dilakukan oleh pemimpin walaupun berada di barisan paling depan dalam organisasi namun harus diketahui bahwa pemimpin juga memiliki tanggung jawab terhadap kemajuan anggota-anggotanya dalam menjalankan program kerja yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Apabila anggota tidak memperoleh dukungan dari pemimpin maka bisa saja program kerja tidak berjalan sesuai dengan rancangan yang dibuat.

Katalisator

Di suatu organisasi terkadang ada anggota yang merasakan bosan atau jenuh terhadap aktivitas yang menurutnya monoton yang bisa berimbas pada kinerja yang menurun.

Untuk itu peranan pemimpin dibutuhkan sebagai pemberi rangsangan, motivasi supaya anggotanya terus semangat dan bergerak untuk berorganisasi yang baik. Dengan seperti itu menjadikan kinerja dan semangat anggota tetap terjaga.

Pelindung

Banyak karakter yang dimiliki dalam organisasi yang bisa memunculkan rasa tidak nyaman, hal ini bisa menjadikan anggota merasa tidak aman dan khawatir berefek terhadap perilaku yang dianggap tidak baik dari anggota lain.

Untuk itu pemimpin harus memberikan perlindungan dan membuat suasana organisasi menjadi nyaman untuk anggotanya.

Caranya adalah dengan membuat peraturan dan menerapkan sanksi tegas kepada pelanggar aturan yang dibuat tersebut.

Mewakili Organisasi

Dalam sebuah organisasi tentu banyak anggota dan setiap anggota ikut menjadi wakil organisasi. Tetapi harus diperhatikaan bahwa yang berada di baris paling depan adalah pemimpin.

Selain mengurusi anggota dan mengatur internal organisasi itu, seorang pemimpin bertugas juga sebagai perwakilan organisasi. Ini bisa dilihat ketika ada pertemuan antar divisi atau komunitas untuk membahas sebuah program kegiatan bersama. Jadi pemimpin bertugas untuk menyambungkan antara organisasinya sendiri dengan organisasi lain.

Sumber Inspirasi

Seorang pemimpin dengan segala karakter yang melekat biasanya dijadikan sebuah tolok ukur secara umum di suatu organisasi. Baik atau buruknya organisasi juga terdapat di pemimpinnya. Karena biasanya pemimpin merupakan contoh yang bisa ditiru dan merupakan inspirasi untuk anggotanya.

Seringkali apabila seorang pemimpin memberikan contoh yang tidak baik bisa memunculkan pertentangan dan berakhir pada ketidakpercayaan anggota terhadap pemimpinnya. Dapat memunculkan kelompok baru dalam organisai yang menentang kepemimpinan seorang pemimpin.

Memberikan Kepercayaan

Tugas dasar dari seorang pemimpin adalah memberipan kepercayaan kepada anggotanya, hal ini karena kepercayaan kepada anggota adalah sebuah pengakuan seorang pemimpin kepada kemampuan atas anggota-anggotanya dalam menjalankan tugas organisasi.

Pengakuan atau kepercayaan yang diberikan kepada anggota, secara tidak langsung bisa menaikkan pencapaian terbaik dari anggota-anggotanya.

Selain kepercayaan, pemimpin harus memberikan suatu reward atau penghargaan terhadap pencapaian dari anggotanya seperti menaikkan gaji, promosi jabatan dan lainnya.

Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Seorang Pemimpin merupakan ketua dari organisasi, kelompok atau komunitas yang menjadi perwakilan dalam segala kondisi untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan Kepemipinan merupakan suatu kemampuan yang ada pada pemimpin tersebut untuk bisa mengarahkan kelompoknya supaya tujuan organisasi bisa dicapai.

Itulah penjelasan lengkap tentang pemimpin dan kepemimpinan. Semoga bisa menjadi referensi pengetahuan anda dan selamat membaca artikel lainnya.

One thought on “Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan, Tugas dan Perbedaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.