Ucapan Idul Fitri yang Benar

9 Ucapan Idul Fitri yang Benar Berikut Ini! (Arab, Jawa, Indonesia)

313 views

Orang Indonesia memiliki tradisi yang unik untuk menyambut bulan Ramadhan dengan meriah, setelah bulan tersebut dilaksanakan, hari paling dinantikan selanjutnya adalah idul fitri yang jatuh di bulan Syawal. Tentu akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat muslim hari lebaran tiba.

Tradisi paling populer yang selalu dilaksanakan tiap menjelang idul fitri atau pada saat hari raya tersebut dilaksanakan adalah dengan memberikan ucapan hari raya.

Selain mengucapkan permintaan maaf antara satu sama lain, ucapan idul fitri seolah menjadi suatu hal penting yang wajib diungkapkan oleh banyak orang yang merayakannya.

Ucapan Idul Fitri yang Baik Bisa Digunakan dalam Berbagai Bahasa

Setiap orang yang mendiami suatu komunitas dan di tempat tertentu pastinya memiliki sebuah adat dan tradisi. Hal itu berlaku di seluruh masyarakat di dunia, tak terkecuali, meskipun mereka semua beragama Islam, termasuk di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim. Di sini hari raya idul fitri disambut dengan sangat meriah, berbeda dengan yang ada di negara lain.

Namun, di antara berbagai kemeriahan tersbut, ada satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh para muslim di seluruh dunia ketika hari raya tiba, yakni mengucap salam. Jika hari raya tersebut adalah idul fitri maka ucapan salam yang disampaikan kepada sesame muslim harus mengandung permohonan maaf, karena tujuan utama hari raya ied ini merupakan sebuah kesempatan bagi manusia untuk saling bermaafan, serta menghapuskan dosa atas permusuhan yang terjalin antar keduanya.

Ucapan Idul Fitri yang Benar

Ucapan idul fitri bisa diberikan dalam beragam bahasa, tidak wajib menggunakan bahasa Arab, apalagi jika Anda belum tentu mengerti artinya sehingga kurang ada niat di dalam diri Anda.

Semua yang terpenting berasal dari keseriusan dan niat, khususnya jika tiba saatnya bagi seseorang untuk mengakui kesalahan masing-masing dan meminta maaf, tentunya harus tulus.

Percuma saja jika seseorang meminta maaf dengan memberi ucapan hari raya idul fitri tanpa paham maknanya, dan di dalam benaknya masih terbersit kebencian pada orang tertentu. Pastinya dosa yang dimiliki orang tersebut belum bisa dihitung atau dihapuskan hingga keduanya saling memaafkan secara tulus.

Oleh karena itu, ketika niat dan ketulusan lebih diutamakan, maka semua orang bisa memberikan ucapan di hari raya sesuai dengan bahasa yang lebih dipahami. Apalagi  jika lawan bicara kita adalah orang tua yang sederhana dan tidak memiliki latar pendidikan tertentu yang membuatnya kurang memahami bahasa yang tidak digunakan sehari-hari, seperti bahasa Arab.

Tentunya si lawan bicara hanya mengiyakan segala yang Anda katakana tanpa memahami doa dan maksudnya. Sebaiknya Anda pun menggunakan bahasa sederhana saja sesuai dengan karakter dan latar belakang lawan yang sedang Anda berikan ucapan.

Di Indonesia akhir-akhir ini populer ucapan hari raya menggunakan bahasa Arab, tetapi juga tidak menghilangkan budaya yang kental, salah satunya Jawa yang masih digunakan untuk memberi ucapan kepada warga lokal dan sesepuh.

Orang-orang dengan latar belakang tertentu pun bisa dipastikan akan memberi ucapan dengan bahasa Arab, namun yang terpenting Anda atau penerima ucapan bisa memahaminya dengan baik dan membalas ucapan Anda tersebut. Jika tidak, maka gunakan bahasa local yang sederhana saja.

Ucapan Idul Fitri Berbahasa Arab

Versi ucapan hari raya populer yang sering digunakan oleh masyarakat muslim Indonesia di masa kini adalah berbahasa Arab. Setidaknya pahami arti dan maknanya, serta luruskan niat yang utama dibandingkan ucapan bahasanya. Berikut ucapan hari raya yang populer digunakan masyarakat.

  1. Ucapan Idul Fitri Berbahasa Arab 1

Kalimat di atas sangat umum diucapkan oleh banyak orang muslim, kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia memiliki arti yakni “Semoga Allah Menerima Segala dari Kami dan Kalian”. Maksud dari kalimat tersebut yakni segala amalan dan ibadah yang sudah kita jalankan di bulan Ramadhan. Adapun ucapan dalam bahasa Arab yang artinya kurang lebih sama di bawah ini.

  1. Ucapan Idul Fitri Berbahasa Arab
  1. Ucapan Idul Fitri

Ucapan dalam bahasa Arab di atas selain populer, juga menjadi kalimat yang disarankan untuk diucapkan kepada muslim lainnya saat hari raya. Hal itu karena, kalimat tersebut biasa digunakan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW di masa lalu, serta sesuai dengan beberapa hadits shahih yang diriwayatkan oleh beberapa ulama.

Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengucapkannya kepada orang muslim manapun dan siapa pun, terlebih jika orang tersebut memiliki kecenderungan yang hampir sama dengan Anda.

Anda bisa mengucapkannya secara langsung, ataupun melalui surat menyurat sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Jika Anda dengan seseorang yang bersangkutan berada di jarak yang jauh, maka sebaiknya kirimkan ucapan melalui pesan, dan apabila Anda menggunakan ucapan dalam bahasa Arab, sebaiknya tulislah menggunakan tulisan Arab saja. Untuk menghindari adanya kesalahan penulisan, dan lebih mudah lagi jika Anda mengucapkannya secara langsung.

Ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Jawa

Selain bahasa Arab, masyarakat Indonesia telah terlekat dengan adat dan budayanya sehingga masih banyak orang yang hanya memahami dengan bahasa local saja, begitupun ketika sedang memberikan ucapan hari raya idul fitri. Masyarakat Jawa misalnya, sebagian besar dari mereka masih menggunakan ucapan salam dari bahasa local mereka sendiri, yakni bahasa Jawa.

Ucapan tersebut pun masih tergolong unik karena disesuaikan dengan hiburan local tiap masyarakatnya. Hampir seperti syair ataupun pantun dalam bahasa Jawa, tetapi isi dan maknanya tetap memuat hal penting yang kurang lebih sama, yaitu meminta permohonan untuk saling memaafkan.

Baca Juga: Definisi Pemimpin dan Kepemimpinan

Hal tersebut tentu tidak masalah, dan tidak menyalahi aturan dalam nilai-nilai agama untuk memudahkan setiap orang menjalankannya. Berikut ada beberapa ucapan hari raya dalam bahasa Jawa yang perlu Anda ketahui, terutama jika sedang bertemu dengan masyarakat yang berasal dari Jawa dan hanya memahami ucapan dalam bahasa Jawa. Untuk lebih menghormati golongan masyarakat tersebut maka pahami beberapa ucapan berikut ini yang dilansir dari Tribunnews.com.

  1. Idul Fitri dalam Bahasa Jawa

Inti pesan yang disampaikan pada ucapan di atas adalah meminta maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat, baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Begitupun dengan beberapa kalimat ucapan hari raya dalam bahasa Jawa yang kurang lebih sama di bawah ini.

  1. Idul Fitri dalam Bahasa Jawa
  2. Idul Fitri dalam Bahasa Jawa
  3. Idul Fitri dalam Bahasa Jawa
  1. Idul Fitri dalam Bahasa Jawa

Anda bisa menggunakan ucapan dengan bahasa apapun asalkan memiliki makna yang baik sesuai tujuan utama dirayakannya idul fitri. Jika Anda memahami makna yang ada dalam bahasa Jawa tersebut, sebenarnya maknanya baik dan tidak jauh berbeda dengan ucapan dalam bahasa Arab.

Karena sama-sama mengandung arti dan maksud yang baik, membawa kita ke arah nilai-nilai Islam serta doa-doa yang baik yang ditujukan kepada Allah SWT untuk semua orang.

One thought on “9 Ucapan Idul Fitri yang Benar Berikut Ini! (Arab, Jawa, Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published.