cara membuat bunga oxalis
Kerajinan

Cara Membuat Bunga Oxalis Dari Kain Flanel

Selamat datang kembali di blog tautan.net dalam artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat bunga oxalis dari kain flannel. Bunga oxalis atau yang sering disebut juga dengan bunga kupu merupakan salah satu jenis bunga yang sangat bagus untuk menghiasi taman.

Nah, karena bisa jadi kita kurang suka jika ada tanaman hidup di dalam rumah. Maka alternafitnya adalah membuat bunga oxalis tersebut dengan bahan kain flanel.

Membuat bunga tiruan ini sangat mudah dan bisa menjadi referensi  untuk kita yang ingin menambah kesan alami namun tetap sedap dipandang mata. Yuk bun, ikuti caranya dibawah ini.

Alat dan Bahan Membuat Bunga Oxalis

Alat dan Bahan Membuat Bunga Oxalis

Alat:

  • Lem tembak
  • Gunting
  • Kawat
  • Selotip

Bahan:

  • Putik sari
  • Kain flanel
  • Cat krayon

Sebelum mengikuti langkah-langkahnya  maka kita harus menyiapkan bahan dan alat yang digunakan.

Pertama siapkan bahan yang akan digunakan. yang kita butuhkan adalah lem pistol, gunting, putik sari, kain flanel 4×4 cm untuk membuat daun, kain flanel ukuran 4×2 cm untuk kelopak bunga, cat krayon berwarna hijau dan oranye, kawat besi untuk tangkai, dan selotip hijau.

Membuat Bunga Oxalis dari Flanel

Pertama yang dilakukan adalah membuat bunganya terlebih dahulu. Cara yang dilakukan adalah melipat kain menjadi dua potong bagian atas, lalu bagian bawah, bentuknya seperti ini.

membuat bunga oxalis dari flanel

Selanjutnya kita membuat ujungnya bergelombang dengan cara menggunting seperti ini.

membuat bunga oxalis

Lalu kita beri cat krayon hijau di sini. Selanjutnya adalah cat krayon oranye. berbentuk seperti ini. buat untuk kelopak lainnya buat sama hingga beberapa potong bunga.

Sekarang kita rangkai bunga dengan cara mengelem. Tempelkan dengan kelopak yang lain, berikan lebih banyak lem tempelkan. Lalu kita gabungkan beri lem.

Lalu bagian bawah silakan potong sedikit.  Selanjutnya kawat besi untuk tangkai bunganya kita lilit dengan selotip hijau. Agar selotip hijau menempel, maka tarik memanjang. Lalu kita lilitkan ke kawat besi.

Selanjutnya kita beri lem di sini, diamkan sejenak sampai lem mengeras.Setelah lem mengeras, kita tempelkan. Kemudian di bagian bawahnya juga diberi lem.

Persiapkanlah putik sari dua lembar. Lalu lipat antara ujung dengan ujung dipertemukan, gunting bagian ujungnya sedikit agar terpisah. Lalu tambahkan lem, kemudian tempelkan di bagian tengah bunga. Jadinya seperti ini.

Membuat Daun Oxalis dari Flanel

Membuat Daun Oxalis

Sekarang kita membuat daun. Silakan gunting kainnya dengan bentuk hati. Kita membuat yang lain juga. Kemudian rangkai daun ke kawat besi. Silakan lilit terlebih dahulu kawat besi dengan selotip hijau.

Beri lem di bagian bawah daun, lalu tempelkan pada kawat besi. letakkan lem pada daun yang lain sampai semuanya. Berikutnya beri lem di daun dan rekatkan pada kawat di sebelah kiri hingga semua daun mengelilingi kawat, bentuklah sedemikian rupa.

Sekarang kita rangkai ke bunga, silakan beri selotip hijau kembali di kawat bawah bunga. Gabungkan juga daun dan lilitkan selotip hijau hingga semua daun terangkai dengan benar.

Bunga oxalis sudah selesai dibuat. Demikian tutorial yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat ya bun. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.